instumen ini dipergunakan oleh calon kepala sekolah, bagi mereka yang membutuhkan bisa diikuti link berikut disini atau menggunakan alamat linkku berikut: https://drive.google.com/file/d/11d-aKQiJVomPJvVcRjDJDG343Gctu0BY/view?usp=sharing
DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN BANYUWANGI
SELEKSI CALON KEPALA SMP NEGERI
TAHUN 2018
INSTRUMEN AKPK CALON KEPALA SEKOLAH
DATA CALON KEPALA SEKOLAH
NAMA
: ______________________
NIP
: ______________________
UNIT
KERJA : ______________________
INSTRUMEN AKPK (ANALISIS KEBUTUHAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN) CALON KEPALA SEKOLAH
DIMENSI KEPRIBADIAN
NO
|
CONTOH KEMUNGKINAN
PENERAPAN PATOKAN
|
TINGKAT
PENILAIAN
KOMPETENSI
|
BUKTI PRAKTIK YANG
DILAKUKAN CALON
KEPALA SEKOLAH
|
1
|
Perkataan baik saya
selaras dengan tindakan yang saya lakukan.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Terkadang
D. Sering
|
|
2
|
Cara saya dalam
berbicara, bersikap, dan berperilaku diteladani oleh warga sekolah dan
masyarakat.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Terkadang
D. Sering
|
|
3
|
Saya melaksanakan
tugas-tugas saya dengan perencanaan yang matang dan evaluasi berkelanjutan.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Terkadang
D. Sering
|
|
4
|
Saya mampu mengendalikan diri
dalam menghadapi masalah-masalah terkait pekerjaan saya dengan baik.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Terkadang
D. Sering
|
|
5
|
Saya aktif meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan dalam melaksanakan tugas-tugas kepala sekolah, melalui berbagai
kegiatan pengembangan diri.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Terkadang
D. Sering
|
|
6
|
Saya berbagi pengetahuan dan
pengalaman kepada teman-teman sejawat berkaitan dengan tugas saya sehari-hari.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Terkadang
D. Sering
|
|
7
|
Saya memiliki pengalaman dalam
mengarahkan dan mengerakkan rekan sejawat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
di sekolah
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
DIMENSI MANAJERIAL
NO
|
CONTOH KEMUNGKINAN
PENERAPAN PATOKAN
|
TINGKAT PENILAIAN
KOMPETENSI
|
BUKTI PRAKTIK YANG
DILAKUKAN CALON
KEPALA SEKOLAH
|
1
|
Saya memahami penyusunan
Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan
Anggaran Sekolah (RKAS)
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup Paham
D. Sangat paham
|
|
2
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan kompetensi, dan tupoksi guru.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
3
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan kompetensi, kualifikasi dan
tupoksi tenaga kependidikan di sekolah (tenaga administrasi, perpustakaan, laboratorium,
dan guru konselor).
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
4
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
masalah yang terkait dengan standar pelayanan minimal atau standar nasional
pendidikan mengenai sarana dan prasarana sekolah/ madrasah.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
5
|
Saya memahami penyusunan
rencana pemanfaatan sarana prasarana sesuai standar pelayanan minimal.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
6
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
permasalahan yang terkait dengan perencanaan dan penerimaan peserta didik baru.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
7
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
permasalahan yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan kapasitas peserta
didik.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
8
|
Saya memiliki pengalaman dalam
menyelesaikan masalah yang terkait dengan pengelolaan peserta didik dengan
baik.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
9
|
Saya terlibat aktif dalam
penyusunan dan analisa dokumen I KTSP.
|
A. Tidak aktif
B. Kurang aktif
C. Cukup aktif
D. Sangat aktif
|
|
10
|
Saya mampu menganalisis silabus
dan RPP dengan
baik.
|
A. Tidak mampu
B. Kurang mampu
C. Cukup mampu
D. Sangat mampu
|
|
11
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
sumber- sumber, alokasi, dan mekanisme pertanggung- jawaban keuangan sekolah/
madrasah.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
12
|
Saya memahami cara mengidentifikasi
permasalahan yang terkait dengan ketatausahaan sekolah/madrasah.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
13
|
Saya menggunakan media
teknologi, informasi dan
komunikasi (TIK) untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran peserta didik di kelas.
|
A. Tidak pernah
B. Kadang-kadang
C. Sering
D. Selalu
|
|
14
|
Saya memahami monitoring,
evaluasi dan pelaporan program sekolah/madrasah sesuai dengan standar.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
DIMENSI KEWIRAUSAHAAN
NO
|
CONTOH KEMUNGKINAN
PENERAPAN PATOKAN
|
TINGKAT PENILAIAN
KOMPETENSI
|
BUKTI PRAKTIK YANG
DILAKUKAN CALON
KEPALA SEKOLAH
|
1
|
Saya memahami program- program
inovatif yang bisa meningkatkan keefektifan sekolah dengan baik.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
2
|
Saya memiliki pengalaman dalam
meningkatkan keingintahuan warga sekolah dalam pengetahuan dan ketrampilan
melalui kerja keras dan semangat pantang menyerah.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
3
|
Saya mampu membuat alternatif
pemecahan masalah yang relevan dan tepat, sehingga menghasilkan kinerja yang efektif
dan efisien.
|
A. Tidak mampu
B. Kurang mampu
C. Cukup mampu
D. Sangat mampu
|
|
4
|
Saya memiliki rasa
optimis, pantang menyerah, dan berpikir alternatif terbaik untuk mencapai keberhasilan
di sekolah.
|
A. Tidak pernah
B. Kadang-kadang
C. Sering
D. Selalu
|
|
5
|
Saya memiliki pengalaman
dalam menyusun rencana pengelolaan kegiatan produksi dan jasa di sekolah dengan
baik.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
DIMENSI SUPERVISI
NO
|
CONTOH KEMUNGKINAN
PENERAPAN PATOKAN
|
TINGKAT PENILAIAN
KOMPETENSI
|
BUKTI PRAKTIK YANG
DILAKUKAN CALON
KEPALA SEKOLAH
|
1
|
Saya memahami perencanaan
program supervisi akademik yang disesuaikan dengan kebutuhan guru yang akan disupervisi.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
2
|
Saya memahami
teknik-teknik dalam melakukan supervisi akademik.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
3
|
Saya memiliki pengalaman dalam
melakukan supervisi akademik terhadap guru dengan teknik yang tepat.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
4
|
Saya memiliki pengalaman dalam
mengkaji masalah yang terkait dengan supervisi akademik.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
5
|
Saya memahami cara memberikan
umpan balik hasil supervisi kepada para guru secara konstruktif.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
6
|
Saya memahami penyusunan
program tindak lanjut supervisi di sekolah dengan baik.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
DIMENSI SOSIAL
NO
|
CONTOH KEMUNGKINAN
PENERAPAN PATOKAN
|
TINGKAT PENILAIAN
KOMPETENSI
|
BUKTI
PRAKTIK YANG
DILAKUKAN CALON
KEPALA SEKOLAH
|
1
|
Saya memahami penyusunan
program kerjasama dengan pihak lain, baik perseorangan maupun institusi
dengan baik, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
2
|
Saya memiliki pengalaman dalam
melakukan kerja sama dengan perseorangan dan institusi lain, baik institusi pemerintah
atau swasta, untuk mendukung
penyelenggaraan
pendidikan di sekolah dimana saya bertugas.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
3
|
Saya memahami cara melakukan
evaluasi dan
perbaikan terhadap
program dan kegiatan kerjasama dengan perseorangan dan institusi pemerintah
atau swasta.
|
A. Tidak paham
B. Kurang paham
C. Cukup paham
D. Sangat paham
|
|
4
|
Saya terlibat aktif menjadi
pengurus organisasi sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal saya.
|
A. Tidak pernah
B. Hampir tidak pernah
C. Kadang-kadang
D. Sering
|
|
5
|
Saya memiliki pengalaman dalam
menggalang bantuan dari semua warga sekolah tempat saya bertugas untuk meringankan
penderitaan warga masyarakat yang sedang tertimpa bencana/ musibah atau
mengalami kesulitan ekonomi.
|
A. Tidak ada
B. Sedikit
C. Cukup banyak
D. Sangat banyak
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar